Panel Staff

Tentang Homeschooling

Homeschooling adalah sebuah system pendidikan alternatif untuk anak selain di sekolah. Dimana saat ini mulai perkembang di Indonesia, dan keberadaanya sah dan dijamin undang – undang. Homeschooling mulai menjadi pilihan masyarakat sebagai alternatif metode pendidikan karena beberapa hal, misalnya karena adanya keinginan masyarakat untuk lebih fleksibel dalam mendidik anak, menyediakan system pendidikan yang lebih ramah terhadap perkembangan anak, maupun menjamin bahwa proses belajar mengajar anak bisa terlaksana secara maksimal.

Hal ini terjadi karena adanya keinginan para orang tua untuk memberikan pendidikan terhadap anak yang lebih sesuai dengan bakat dan minat sang anak, maupun karena disebabkan adanya kondisi di system pendidikan konvensional yang tidak bisa memuaskan kehendak orang tua untuk mendidik anaknya, misalnya terjadi kasus kekerasan terhadap anak, maupun system pendidikan masal yang mengakibatkan potensi anak kurang tergali secara maksimal.

Pengalaman-pengalaman yang kurang berkesan di sekolah menimbulkan phobia terhadap sekolah (school phobia) bagi anak dan orang tua. Kemudian, upaya penyeragaman kemampuan dan keterampilan semua anak untuk seluruh bidang turut mematikan minat dan bakat anak yang tentunya berbeda-beda, karena setiap anak adalah unik. Lebih jauh lagi, kurikulum yang terlalu padat dan tugas-tugas rumah yang menumpuk membuat kegiatan belajar menjadi suatu beban bagi sebagian anak.

Melihat kondisi ini, maka perlu dicarikan solusi alternatif bagi anak-anak yang kurang cocok dengan sistem pendidikan formal, salah satu bentuknya adalah kegiatan homeschooling. Berdasarkan alasan inilah maka dibangunlah sebuah komunitas sekolah rumah yang disebut dengan Homeschooling Cendekia (HSC) sebagai sebuah institusi pendidikan alternatif yang senantiasa memperhatikan hak anak atas pendidikan. Dengan dibantu Tutor dari berbagai bidang disiplin ilmu Universitas terkemuka di Yogyakarta dan sekitarnya.

Homeschooling adalah sebuah system pendidikan atau pembelajaran yang diselenggarakan di rumah. Homeschooling adalah sekolah alternatif yang menempatkan anak-anak sebagai subjek dengan pendekatan secara “at home”. Dengan pendekatan “at home” inilah anak-anak merasa nyaman belajar karena mereka dapat belajar apapun sesuai dengan keinginannya, kapan saja dan dimana saja seperti ia tengah berada di rumahnya. Jadi, meski disebut homeschooling, tidak berarti anak akan terus menerus belajar di rumah, tapi anak-anak dapat belajar dimana saja dan kapan saja asal situasi dan kondisinya benar-benar nyaman dan menyenangkan seperti “at home”. Maka dalam system Homeschooling, jam pelajaran bersifat fleksibel: mulai dari bangun tidur sampai berangkat tidur kembali.

Comments are closed.

Kategori
Pengunjung