Panel Staff

Archive for November, 2013

KENAPA TIDAK HOMESCHOOLING SAJA…..?

KENAPA TIDAK HOMESCHOOLING SAJA…..?

Banyak orang tua yang menghendaki anaknya bisa mengenyam pendidikan sekolah hingga Sarjana, Pasca Sarjana bahkan lebih tinggi lagi sampai meraih gelar doktor. Orang tua sangat berharap juga anaknya punya cita-cita setinggi langit.  Namun di tengah perjalanan mereka mengenyam pendidikan, ternyata tidak semulus yang dibayangkan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi. Banyak di lingkungan kita, anak- anak yang tidak mau sekolah karena berbagai macam alasan, seperti sakit hati sehingga dendam dengan temannya, takut dengan temannya karena merasa terancam, mungkin juga tidak suka atau takut dengan gurunya, tidak suka dengan materi pelajaran yang dibarikan, atau alasan-alasan lain seperti menyangkut kesehatan atau alasan fisik, dll. Kerap kali hal seperti itu tidak terbayangkan sebelumnya oleh orang tua. Mengapa ? Karena orang tua yakin bahwa anak–anak mereka akan “baik-baik” saja dalam menuntut ilmu dan tidak akan menemukan masalah  dalam belajar.

“Ketidakpuasan” si anak tersebut kadang membuat anak malas dan enggan bersekolah yang akhirnya mengurung di kamar, tidak jelas akan melakukan aktifitas apa (tidak memiliki orientasi). Atas kejadian ini tentu saja orang tua menjadi resah, gelisah dan prihatin atas kondisi si anak meski mungkin sudah diupayakan pendekatan dengan si anak ataupun pihak sekolah. Terus bagaimana solusinya…?  Bagaimanapun kondisi si anak, mereka harus tetap sekolah mendapat materi pelajaran yang sesuai dengan jenjangnya.

Peran dan komitmen orang tua sangat dibutuhkan. Mereka kemudian memilih alternatif lain dalam hal belajar yaitu Homeschooling. Homeschooling menjadi tempat harapan orang tua untuk meningkatkan mutu pendidikan anak-anak, mengembangkan nilai-nilai iman/agama dan moral serta mendapatkan suasana belajar yang menyenangkan (disesuaikan dengan keinginan anak).

Selain pemilihan materi dan standar pendidikan sekolah rumah, homeschooling bekerjasama dengan Diknas terkait tetap melaksanakan ujian nasional bagi siswa-siswanya untuk mendapatkan ijasah, dengan tujuan agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Dalam perkembangannya, Homeschooling sudah diakui bahkan ijasahnya dapat digunakan untuk mendaftar ke sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Proses belajar mengajar ini juga mudah dan menyenangkan karena setiap bulan sudah disediakan jadwal sesuai dengan materinya di mana siswa dapat mengatur waktunya sendiri. Dalam kegiatan belajar, anak dibantu tutor yang berpengalaman dalam bidangnya.

Semoga siswa homeschooling mampu bersaing dengan siswa reguler dan mampu mengembangkan kemampuan dan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang kelak menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat berilmu, cakap, kreatif dan mandiri.

Jadi…..kenapa tidak Homeschooling saja….?

Kategori
Pengunjung